Pelatihan Pranatacara

Spread the love

Ledok 13 Agustus 2019, Pelatihan Pranatacara di aula kelurahan ledokdibuka oleh Kasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Ledok dengan ucapan selamat datang kepada peserta. Pelatihan ini diikuti oleh oleh kaum muda dan tua. Kaum muda diwakilkan dari beberapa remaja karang taruna. Acara dilanjutkan dengan Sambutan dan Pengarahan dari Lurah Ledok Muhammad Kalimi,SE,MM.

Pengetahuan tentang “Pranatacara” dan “Pamedar Sabda” Bahasa Jawa dapat menjadi sarana untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia Indonesia serta memperkuat jati diri bangsa. juga untuk memperkuat jati diri dan kepribadian bangsa yang mengutamakan perilaku “Tri Niti Yogya”.

“Perilaku tersebut meliputi ‘Hamemayu Hayuning Sasama’ atau menciptakan suasana kedamaian dan ketenteraman lahir batin, ‘Dados juru ladosing bebrayan ingkang sae’ atau menjadi abdi masyarakat yang baik, serta ‘Sadengah pakaryan segada tansah ngremenaken tiang sanes’ atau setiap gerak langkah dan perilaku hendaknya dapat memberi rasa senang pada orang lain,” ujar nara sumber.

Ia mengatakan pelatihan “Pranatacara” dan “Pamedar Sabda” di ditujukan kepada para peserta yang serius untuk belajar, bukan hanya untuk coba-coba ataupun sekadar tahu.

Dia menjelaskan dalam kesempatan tersebut, bahwa pelatihan “Pranatacara” Bahasa Jawa memiliki makna yang penting dalam upaya untuk “nguri-uri” dan melestarikan serta mengembangkan budaya Jawa yang adiluhung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *