Pelatihan Kampung Tematik

Spread the love

Kelurahan Ledok- Mengadakan kegiatan Pelatihan Kampung Tematik yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 8 dan 9 Oktober 2019. hari pertama dilakukan di Aula Kelurahan Ledok dan hari kedua dilakukan Kujungan Study Banding di Kelurahan Pekunden Kota Semarang

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 45 orang warga masyarakat Kelurahan Ledok yang terdiri dari unsur LPMK, BKM, PKK dan RW se Kelurahan Ledok.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong perencanaan pembangunan partisipatif di wilayah Ledok, meningkatkan kemapuan Kader PKK, LPMK dan BKM dalam merencanakan pembangunan yang tepat sasaran, terencana dan bekelanjutan. Dan untuk mewujudkan kampung tematik di wilayah kelurahan Ledok.

Kampung tematik adalah sebuah kampung tematik juga diibaratkan sebagai pembangunan yang berorientasi pada pembentukan gagasan, topik yang khas dan unik (ktoczko-Gajewska,2013) konsep kampung Tematik menurut Idziak, Majewsko dan Zmyslony (2015) lebih pada menawarkan msyarakat untuk terlibat proaktif sehingga tidak hanya berbasis masyarakat akan tetapi juga penciptaan ruang akmpung berciri khas yang berkelanjutan olah masyarakat.

Dalam pelatihan hari pertama diisi oleh nara sumber yang berasal dari Bapelitbangda Kota Salatiga dan dari Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Salatiga. yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Ledok

Pelatihan hari kedua dilakukan study banding di Kelurahan Pekunden Kota Semarang. Seluruh peserta dan perwakilan dari Kelurahan disambut meriah oleh Lurah Pekunden beserta jajarannya, dilanjutkan materi dan tukar menukar cindera mata.

Dalam kegiatan di Kelurahan Pekunden, peserta berkunjung ke salah satu lokasi usaha pembuatan Wingko Babat yang sangat khas dan merupakan oleh-oleh kota Semarang. Kegiatan diakhiri dengan acara ramah tamah di aula Kelurahan Pekunden dan dilajutkan foto bersama.

Pelatihan kampung Tematik ini diharapkan bisa mengembangkan perekonomian lokal, meningkatkan nilai sumber daya lokal untuk kesejahteraan masyarakat, meningkatkan prosuktivitas dan daya saing usaha skala UMKM. Sasaran kegiatan ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan jumlah usaha dan meningkan pendapatan kelurahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *